.

Terima kasih sudah berkunjung salam kenal dariku, jangan lupa kasih komentar ya ^_^

Selasa, 01 Juli 2014

Kasus Bebek Goreng “Bagong”



TUGAS KEWIRAUSAHAAN

Oleh : Hendra Dian Purnama


Kasus Bebek Goreng “Bagong”

Kasus (1)

• Bagong adalah pemuda desa yang memiliki mimpi yang besar. Meskipun berasal dari desa, Bagong bermimpi 20 tahun yang akan datang dapat memiliki restoran yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk mewujudkan mimpinya tersebut Bagong harus memulai langkah pertama, yaitu membangun restoran pertamanya. Bagong percaya, dengan resep masakan bebek goreng warisan dari eyangnya restoran yang akan dia buka akan diminati oleh masyarakat.

• Setelah melalui diskusi dengan rekan-rekannya serta melakukan analisis sederhana terkait potensi pasar dan selera konsumen yang ada di sekitar kota tempat tinggalnya, Bagong optimis bahwa dalam 1 tahun pertama mampu menjual 36.000 bebek goreng dengan omzet Rp360 juta per tahun (asumsi 100 porsi sehari, 1 bulan 30 hari buka)



Kasus (2)

• Untuk dapat mencapai omzet tersebut Bagong mengidentifikasi beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi sebagai persiapan pembukaan restoren Bebek Gorengnya, yaitu:

– Peralatan produksi , untuk membersihan, memasak dan menghidangkan produk. Estimasi nilai peralatan produksi tersebut adalah Rp10 juta

– Tempat untuk berjualan. Bagong menemukan tempat yang cukup strategis untuk dapat disewa sebagai tempat usaha. Biaya sewa per tahun tempat tersebut adalah Rp6 juta (per bulan Rp500 ribu)

– Bebek dan bahan-bahan habis pakai lainnya yang harus disediakan untuk memulai membuka restoran diperkirakan rata-rata bernilai Rp700 ribu per hari. Untuk berjaga-jaga terhadap fluktuasi permintaan, Bagong mengambil kebijakan pembelian bahan-bahan tersebut 10% lebih banyak dari rata-rata kebutuhan.

Kasus (3)

• Kebutuhan (lanjut)

– Bebek dan bahan-bahan habis pakai tersebut diperoleh dari suplier-suplier yang merupakan teman lama Bagong. Karena kedekatan personal tersebut, Bagong mendapatkan fasilitas pembayaran 5 hari setelah barang dibeli.

– Kas kecil yang digunakan untuk memperlancar transaksi diperkirakan sebesar Rp200 ribu

– Untuk membantu proses produksi dan pelayanan Bagong dibantu 2 orang karyawan yang mendapatkan gaji Rp750 ribu per bulan

• Pada satu sisi uang yang ada di tangan Bagong saat ini hanya Rp25 juta hasil dari Bagong memenangkan lomba lari maraton yang dia ikuti dalam rangka HUT RI ke-64 beberapa waktu yll

• Beruntung, Bagong memperoleh fasilitas pinjaman lunak dari suatu NGO sebesar Rp15 juta dengan tingkat bunga sebesar 12% per tahun yang harus dikembalikan dalam jangka waktu 1 tahun

Kasus (4)

• Dari proses produksi yang dilakukan oleh Bagong, terdentifikasi bahwa Biaya bahan baku dan bahan habis pakai adalah Rp7 ribu per porsi.

• Untuk mendukung penjualan Bagong mengeluarkan biaya pemasaran sebesar Rp100 per bulan. Sementara biaya administrasi dan operasional lainnya adalah Rp25 ribu per bulan.

• Harga jual produk adalah Rp10 ribu per porsi.

• Untuk memaksimalkan penjualan Bagong mencadangkan adanya piutang kepada pelanggan setianya sebesar Rp300 ribu per bulan.

Kasus (5)

• Selanjutnya untuk kepentingan mobilisasi usaha, Bagong menggunakan motornya yang berharga Rp10juta dalam aktivitas bisnis

• Karena masih merupakan bisnis pemula, Bagong belum membayar pajak atas bisnisnya


Jawab :


A.      NERACA
NERACA
ASET
PASIVA
KAS                                                         40  JT
HUTANG BANK           15 JT

MODAL BAGONG      25 JT

TOTAL ASET                                         40 JT
TOTAL PASIVA           40 JT

B.      MODAL KERJA
1.       PERALATAN      : 10 JT
2.       SEWA TEMPAT                : 6 JT
3.       BIAYA BAHAN  : 252 JT
4.       BIAYA BUNGA :1,8 JT
5.       BIAYA TK            : 18 JT
TOTAL                 : 287,8 JT

TINGKAT KEUNTUNGAN:
                = MODAL KERJA/OMZET
                = 287,8 JT/360 JT
                = 79,94 %





C.       
LAPORAN L/R
PENJUALAN
360 JT
HPP
252 JT
LABA KOTOR
108 JT
BIAYA OPERASIONAL:
BIAYA SEWA
(6 JT)
BIAYA TK
(18 JT)
BIAYA BUNGA
(1,8 JT)
25,8 JT
LABA BERSIH
82,2 JT
D

. LABA KOTOR = 108 JT

LABA BERSIH =82,2 JT





E. MARGIN KEUNTUNGAN

= (HARGA JUAL-HPP)/HARGA JUAL

= 3.000/10.000

= 30 %



ROA

= LABA BERSIH/ASET

= 82,2 JT/40 JT

=2,055

ROE

=LABA BERSIH/EKUITAS

=82,2 JT/25 JT

= 3,288





F. KEMAMPUAN MMBAYAR HUTANG

DEBT TO TOTAL ASET = HUTANG/ASET

= 15 JT/40 JT

= 0,375

Kemampuan membayar hutang baik


G. EFEKTIVITAS DAN LIKUIDITAS

CURRENT RASIO = ASET LANCAR/HUTANG LANCAR

= 40 JT/15 JT

= 2,67

20 komentar:

  1. makasi banyak, sangat membantu. terus semangat ya :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Harga jual di kurangi Hpp hasil nga 3.000,dari mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Estimasi penjualan 100 porsi/hari. Nah, kalo sebulan = 100 * 30 = 3.000

      Hapus
  4. terima kasih..
    sangat membantu menjawab soal uas😊

    BalasHapus
  5. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  6. makasi banyak gan sangat membantu

    BalasHapus
  7. Biaya TK maksumaks apa ya yang 18jt1

    BalasHapus
  8. Biaya bahan 252 jt itu dapet nya darimana ya?

    BalasHapus
  9. kas nya kok bisa 40 juta ya mbak? sedangkan disoal kan 200 ribu..mohon dibantu..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sepertinya dari uang bagong yang 25jt di tambah sama pinjaman NGO 15 jt jadi total kas 40 jt

      Hapus
    2. Nah sama mau nanya ini dapet dari mana ya

      Hapus
  10. itu hpp 252 dapat dari mana ya

    BalasHapus
  11. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dunia, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka ada yang mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan peminjaman yang curang di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan peminjaman palsu.

    Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang memiliki hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan keadaan saya kemudian perkenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM.

    Saya mendapatkan pinjaman Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya ajukan, Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman, lebih baik Anda menghubungi SANDRAOVIALOANFIRM.

    Email: sandraovialoanfirm@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus
  12. Kak maaf kok di aktivanya cuma kas saja ya, sedangkan bagong memiliki peralatan, persediaan, hutang Dan kendaraan

    BalasHapus