.

Terima kasih sudah berkunjung salam kenal dariku, jangan lupa kasih komentar ya ^_^

Sabtu, 28 Juni 2014

BUSINESS PLAN KEWIRAUSAHAAN SUSU KEDELAI



BUSINESS PLAN KEWIRAUSAHAAN


SUSU KEDELAI








Disusun Oleh :


Hendra Dian Purnama 1105111278


Devara Honesta 1105111311


Wahyu Setiawan 1105111309



UNIVERSITAS TEKHNOLOGI YOGYAKARTA

2013






RINGKASAN EKSEKUTIF

Usaha susu kedelai ini dipilih karena prospek pengolahan kedelai menjadi susu kedelai sekarang ini cukup menjanjikan, kandungan gizi yang terkandung didalamnya memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan manusia serta mudah dalam pembuatanya. Hanya dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak diperlukannya keterampilan khusus, siapapun dapat melakukan pengolahan kedelai menjadi susu kedelai.



Susu kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dibungkus plastik ukuran ½ kg. Pada plastik akan disablon dengan label: Susu Kedelai “SEHAT ALAMI”. Sasaran pasar poduk susu kedelai ini utamanya adalah mahasiswa kampus universitas Trunojoyo dan Masyarakat sekitar Kamal-Bangkalan. Tempat penjualannya di kampus, bisa dititip di etalase Fakultas Pertanian atau di Kopma, di toko atau warung-warung di sekitar perumahan Telang-Kamal-Bangkalan, atau bahkan di supermarket- supermarket terdekat. Adapun harga jual dari produk susu kedelai ini adalah Rp. 3.000 @ ukuran plastik ½ kg.

Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan media internet sebagai sarana e-business.

Peluang pasar untuk produk yang berbahan dasar kedelai ini sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang konsumtif dan peluang pasar yang menjanjikan. Selain itu daya beli komsumen terhadap produk ini cukup bervariasi dari konsumen elite hingga konsumen menegah bawah. Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki nilai kepuasan yang tinggi.

Total biaya usaha ini adalah Rp. 15.298.625 perbulan dan penerimaan per bulan Rp. 18.300.000 , sehingga pendapatan perbulannya adalah Rp. 3.001.375. Dengan R/Cratio sebesar 1,197 dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untuk dilakukan karena pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan

I. LATAR BELAKANG

Susu kacang kedelai adalah usaha kecil menengah yang bergerak dibidang penjualan minuman. Bahan utama yang kami jual adalah susu yang terbuat dari kacang kedelai dengan cita rasa asli. Kami menjalani usaha ini karena kami ingin memberikan sebuah inovasi di bidang minuman sehat Peluang Usaha Susu Kedelai, Bisnis Sehat Alami yang menggiurkan. Indonesia kaya akan kekayaan hayati. Pengolahan yang benar akan menjadikan Indonesia sebagai negara kaya raya. Salah satu kekayaan alam Indonesia yang selama ini kurang dimanfaatkan secara maksimal antara lain kacang kedelai. Selama ini kedelai hanya digunakan untuk bahan dasar tempe dan tahu. Padahal, kedelai bisa diolah menjadi produk-produk lain dengan nilai jual tinggi. Salah satu cara meningkatkan nilai jual kedelai adalah dengan menjadikannya susu kedelai. Susu kedelai adalah produk susu yang diolah dari sari kedelai yang digiling dengan mesin susu kedelai. Mesin susu kedelai bisa Anda dapatkan di Susu Kedelai .

Semua kalangan masyarakat dapat mengkonsumsi produk susu kedelai ini, karena aman, baik untuk kesehatan dan banyak keuntungan lainnya. Sehingga konsumen untuk produk ini tidak terbatas. Bagaima na dengan pemasarannya ? Susu kedelai memiliki rasa yang cukup nikmat. Sehingga susu kedelai ini sangat disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Susu kedelai juga bisa diberi perasa tambahan dan pewarna tambahan, untuk menarik konsumen.



VISI DAN MISI USAHA

VISI USAHA

Menjadi usaha penyedia susu kedelai terbaik di Indonesia

MISI USAHA

Mengembangkan usaha yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat

Berperan aktif menjalankan roda bisnis dengan mendukung program pemerintah untuk dapat meningkatkan kesehatan masyarakat

DESKRIPSI USAHA

A. Data perusahaan

Nama : Perusahaan Susu Kedelai “SEHAT ALAMI”

Tempat : Jl Pamungkas, ngemplak, sleman

Basis operasi : Jl Kaliurang KM 14,5

Bentuk usaha : Perdagangan dengan pengembangan Usaha Mandiri Kecil &

Menengah (UMKM)

C. Struktur Organisasi & Job Discription

1. Pimpinan (Manager)

- pemilik sekaligus pimpinan

- bertanggung jawab teradap jalannya usaha

- koordinasi, pengawas, dan mengarahkan seluruh kegiatan

- pengambil keputusan

- sebagai quality control




2. Bagian Produksi

- kepala bagian produksi mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja

sesuai jobdis

- bertanggung jawab terhadap persiapan dan proses produksi

- bertanggung jawab terhadap makanan yang dipesan konsumen

- menjaga kebersihan produk dalam proses produksi

- cekatan dalam menjaga mutu produk, baik cita rasa, aroma, ataupun tekstur

- mengemas hasil produksi




3. Bagian Pengadaan Bahan Baku

- kepala bagian pengadaan bahan baku mengkondisikan pekerja di bawahnya

- mencari informasi keberadaan bahan baku

- melakukan pembelian bahan baku

- menjaga mutu bahan sebelum diolah (ketika masih dalam penyimpanan)




4. Bagian Keuangan

- kepala bagian keuangan mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja

- melaksanakan kegiatan keuangan dan administrasi

- mencatat/pembukuan keuangan perusahaan

- mengadakan dana untuk proses pembelian bahan dan proses

- membuat laporan keuangan harian, mingguan, bulanan, triwulan, tahunan




5. Bagian Pemasaran

- kepala bagian pemasaran mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja

- mempromosikan dan memasarkan produk

- mendistribuskan produk ke tempat pemasaran, misalnya; toko, atau super market




D. Alasan Pemilihan Bisnis

Usaha pembuatan susu kedelai ini dipilih karena susu kedelai dikenal sebagai minuman fungsional, sebagai minuman yang bergizi tinggi, minuman yang merupakan hasil ekstraksi dari kedelai ini terutama sekali karena kandungan proteinnya, disamping mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, phosphor, zat besi, provitamin A, Vitamin B kompleks (kecuali B12), dan air. Susunan asam amino hampir sama dengan susu sapi. Untuk itu produk ini tampaknya perlu diperhitungkan dalam menyusun pola menu sehari-hari bagi insan yang memperhatikan kesehatan.

Oleh karena itu prospek usaha pengolahan kedelai menjadi susu kedelai sekarang ini cukup menjanjikan, kandungan gizi yang terkandung didalamnya memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan manusia. Kadar protein kedelai mencapai 35,6 % (berat kering), dan pada varitas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40 % – 43 %. Kebutuhan protein yang bersumber dari protein hewani sebesar 55 gram per hari dapat dipenuhi dengan 157,14 gram.



Selain itu tingginya harga susu sapi menjadi peluang/prospek usaha dengan menjadikan susu kedelai menjadi barang substitusi (pengganti) susu sapi, karena harga susu kedelai lebih murah daripada susu produk hewani sementara kandungan gizinya hamper sama. Faktor lain yang menjadikan usaha susu kedelai prospektif adalah mudah dalam pembuatanya. Dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak diperlukannya keterampilan khusus, siapapun dapat melakukan pengolahan kedelai menjadi susu kedelai.


II. ANALISIS PEMASARAN

1. Product (produk)

Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah susu kedelai. Susu kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dikemas dalam plastik ukuran ½ kg. Pada plastik akan disablon dengan label: Susu Kedelai “SEHAT ALAMI”. Produk yang dihasilkan memiliki manfaat dan kualitas yang tinggi. Sudah diketahui bahwa produk yang terbuat dari ekstrak kedelai ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk proses metabolisme tubuh.

2. Place (lokasi/distribusi)

Usaha ini berlokasi di Perumahan jl pamungkas, Ngemplak, Sleman. Adapun sasaran pasar poduk susu kedelai ini adalah mahasiswa di kampus Universitas Islam Indonesia dan Masyarakat sekitar Jl Kaliuarang Km 14,5. Tempat penjualannya di kampus, bisa dititip di etalase Fakultas Pertanian atau di Kopma, di toko atau warung-warung, atau bahkan di supermarket- supermarket terdekat.

3. Price (harga)

Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain dan tren yang berlaku. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya pun bisa dinaikan dari standar harga normal (misal pada saat cuaca panas atau ketika bulan puasa besar kemungkinan produk ini akan dibanjiri konsumen).

Adapun rencana harga jual dari produk susu kedelai ini adalah Rp. 3.000 @ ukuran plastik ½ kg.

4. Promotion (promosi)

Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan media internet sebagai sarana e-business. Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan lewat facebook dan situs-situs e-business lainnya seperti: berniaga.com dll. serta melalui blog



III. ANALISIS OPERASIONAL

1. Desain Produk

Susu kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dikemas. Pengemasan di sisni dilakukan karena memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia usaha, karena pengemasan tidak sekedar memberi wadah dari dari produk yang dihasilkan tapi lebih pada pengembanan muatan misi dalam rangka persaingan pasar dan juga peningkatan penjualan. Di mana onsumen akan cenderung tertarik dengan produk yang dikemas dengan rapi dan menarik.

Fungsi kemasan tidak sebatas digunakan sebagai pelindung produk melainkan juga sangat mendukung terjaganya kualitas produk serta adanya peningkatan kelas (penampilan) imej yang baik. Jenis bahan kemasan yang digunakan adalah plastik ukuran ½ kg.

Selain itu, pada kemesan juga akan diberi label. Pemberian label di sini tidak hanya sekedar tulisan, tapi di dalamnya terkandung pesan-pesan tertentu yang disampaikan pada konsumen. Dengan harapan produknya dapat dikenal oleh konsumen luas, sehingga mudah dicari ketika dibutuhkan. Selain itu label juga berfungsi sebagai jaminan atas kualitas produk, sarana untuk merk dagang, logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan, dan berat atau volume produk. Informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen tersebut terangkum dalam tulisan yang dicetak pada kemasan produk. Maka pada kemasan plastik akan disablon dengan label: Susu Kedelai “SEHAT ALAMI” dan juga logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan, dan berat atau volume produk.



2. Proses Produksi

Bahan:

1. Kedelai

2. Vanili

3. Gula pasir

4. Garam

5. Maizena

6. Air mineral (galonan)



Cara membuat:

Kedelai dicuci dan dibersihkan dari kotoran-kotoran seperti pasir, tangkai, dan kulit kedelai, kemudian direndam kurang lebih 2 jam.

Rebus kedelai yang telah bersih selama kira-kira 15 menit, lalu rendam dalam air bersih selama kira-kira 12 jam.

· Cuci sampai kulit arinya terkelupas.

· Lalu giling kedelai tersebut menggunakan mesin giling.

· Campur kedelai yang sudah halus dengan air panas. Aduk-aduk campuran sampai rata.

· Saring campuran dengan kain saring, sehingga diperoleh larutan/sari untuk susu kedelai.

· Tambakan gula pasir, vanili, coklat, dan garam ke dalam larutan susu, lalu aduk sampai rata dan panaskan hingga mendidih.

· Setelah dingin susu kedelai yang sudah mengalami beberapa proses atau langkah-langkah di atas maka dikemasdan kini siap untuk di pasarkan.





IV. ANALISIS PELUANG PASAR & PESAING

1. Analisis Peluang Pasar

Peluang pasar untuk produk yang berbahan dasar kedelai ini sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang konsumtif dan peluang pasar yang menjanjikan. Selain itu daya beli komsumen terhadap produk ini cukup bervariasi dari konsumen elite hingga konsumen menegah bawah. Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki nilai kepuasan yang tinggi.

Metode pemasaran Susu Kedelai “SEHAT ALAMI” ini adalah dengan menyebarkan brosur-brosur pada masyarakat pada permulaan usaha serta metode getok tular, dengan membuat para konsumen merasa puas terhadap sajian produk dan pelayanan prima yang disuguhkan perusahaan akan mampu membuat mereka menyebarkannya pada orang sekampungnya (dari mulut kemulut).

Sasaran pasar poduk susu kedelai ini utamanya adalah mahasiswa kampus universitas Trunojoyo dan Masyarakat sekitar Kamal-Bangkalan. Tempat penjualannya di kampus, bisa dititip di etalase Fakultas Pertanian atau di Kopma, di toko atau warung-warung bahkan di supermarket- supermarket terdekat.

Untuk menembus tingkat pasar yang optimal, maka diperlukan sekali untuk memikirkan strategi yang akan ditempuh untuk membangun usaha agar mendapatkan respon yang bagus dari konsumen di pasar bersaing. dengan menganaliasa lingkungan internal dan eksternal yang ada di pasar domestik akan mempermudah bagi perusahaan dalam menyusun strategi yang baik dan efisien.



2. Tingkat Persaingan

Melihat situasi di tempat yang akan dimasuki produk, sepertinya produk susu kedelai ini akan laku di pasaran. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau dan sangat pas untuk ukuran dompet mahasiswa.

Selain itu pesaing yang akan menyaingi produk ini tampaknya belum ada khususnya di kampus Universitas Islam Indonesia

V. ANALISIS KEUANGAN

1) Analisa Biaya Usaha

a. Biaya tetap
No
Uraian
Jumlah (unit)
Harga
(Rp)
Jumlah harga  (Rp)
1
Blender
1
2.750.000
600.000
3
Kain 1 meter
2
5000
10.000
3
Gunting
5
5.000
25.000
4
Bak
6
17.000
102.000
5
Keranjang
4
25.000
100.000
7
Panci
4
75.000
300.000
Total
1.137.000





b. Biaya variabel
No
Uraian
Jumlah(unit)
Harga( Rp)
Jumlah harga (Rp)
1
Bahan baku
Kedelai
10 kg
6000
60.000
Gula pasir
4 kg
8.000
24.000
Vanili
2 bungkus
2000
4.000
Coklat
2 kaleng
15.000
30.000
2
Bahan pendukung
Gas LPG
8 tabung
17.500
140.000
Plastik ukuran  ½ kg
1 bendel
5.000
5.000
Sablon label plastik
1 bendel
3.000
3.000
3
Tenaga kerja
Pencuci kedelai
2 orang
20.000
40.000
Perebus + Penyaring + Pengemas
2 orang
20.000
40.000
Penggiling
1 orang
30.000
30.000
Pengantar utk dipasarkan
1 orang
20.000
20.000
Administrasi keuangan
1 orang
25.000
25.000
Pengadaan bahan
2 orang
25.000
50.000
Total
471.000
Biaya variabel perbulan adalah Rp. 471.000 x 30 = Rp. 14.130.000


c. Biaya lain – lain (perbulan)
no
Uraian
Volume
Harga per unit
Jumlah harga
Jumlah
Unit
1
Transportasi
1
Bln
50.000
50.000
2
Promosi
1
Bln
100.000
100.000
3
Listrik
1
Bln
200.000
200.000
Total
350.000

Jumlah biaya usaha
No
Jenis biaya
Jumlah biaya (Rp/bln)
1
Biaya tetap
1.137.000
2
Biaya variabel
14.130.000
3
Lain – lain
350.000
Total
15.617.000






2). Penerimaan, pendapatan dan R/C ratio usaha
No
Jumlah produksi
Harga perunit (Rp)
Penerimaan per hari (Rp)
Penerimaan per bulan (Rp)
200 kemasanAmpas  2 kg
3.000
600.000
18.000.000
Total
18.000.000


Pendapatan (laba) perbulan = total revenue – total cost

= 18.000.000 – 15.617.000

= 2.383.000

R/C ratio = total revenue : total cost

= 18.000.000 : 15.617.000

= 1,152

Berdasarkan hasil dari Tabel Analisis Biaya dan penghitungan diatas dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untuk dilakukan karena pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan.







VI. ANALISIS SWOT

1.Strengths (Kekuatan)

a) Proses pembuatannya mudah dan sederhana

b) Kualitas rasa dan tekstur produk yang khas (beda dengan yang lain).

c) Harga jual murah meriah

d) Tempat penjualan dan konsumen telah tersedia

e) Memanfaatkan e-Business untuk mempromosikan produk melalui internet.

f) Tempat produksi ada di wilayah perumahan yang rata-rata kost mahasiswa

g) Kemasan menarik dan berlabel

h) Kualitas produk terjamin

2.Weaknesses (Kelemahan)

a) Harga bahan baku (kedelai) yang relatif tidak menentu (stabil) bahkan beberapa waktu yang lalu sempat menglami kelangkaan.

b) Manejemen perusahaan masih sederhana

c) Terdapat endapan pada susu kedelai.

d) Jika tidak tepat prosesnya terdapat tahu di lapisan atas susu

e) Kuarang cukup modal mengingat kita sebagai mahasiswa

f) Proses produksi bentrok dengan jadwal kuliah

g) Ketidak tahuan masyarakat terhadap kandungan gizi yang diliki susu kedelai

3.Opportunities (Peluang )

a) Pertumbuhan pasar dimungkinkan meningkat

b) Peluang pasar untuk mendapatkan konsumen yang menjanjikan

c) Belum ada pesaing khususnya untuk pemasaran di kampus

d) Keterbukaan untuk menggunakan teknologi baru ke depannya untuk membuat kemajuan besar dibidang produksi khususnya.

e) Cuaca Madura khususnya Bangkalan yang panas membuat orang ingin mengkonsumsi minuman yang segar

4. Threats (Ancaman)

a) Selera konsumen yang selalu berubah – ubah mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelian produk

b) Susu kedelai tidak bisa disimpan lama dan akan merugikan jika tidak laku dalam sehari

c) Munculnya pesaing baru

d) Banyaknya variasi minuman ringan


5 komentar:

  1. makasih, membatu banget buat aku.

    BalasHapus
  2. ini mah sesuai banget sama yang diminta dosen
    tapi ada kurangnya sih dikit, cuma gapapalah ini juga udah sangat membantu, makasih ya ka

    BalasHapus
  3. makasih gan. sangat membantu sekali

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas filenya..
    Sangat membantu..

    BalasHapus